This blog is designed to be a medium for extension development staffs, students, and related community. Academicians, researchers, extension workers, students, professionals, and NGO-activitsts are encouraged to communicate and share information, experience, and ideas in the context of learning, human development, managing planned change, and situation improvement in various human activity systems. Make a better and sustain life for all!

Tuesday, December 23, 2008

Jelang 2009

Akhir semester gasal 2008/2009 hampir tiba. Seluruh mahasiswa pasti dihadapkan pada banyak deadline. Deadline yang datang bersamaan biasanya akan menyebabkan stress dan akhirnya berpengaruh pada keragaan secara keseluruhan. Stress itu dapat dikurangi kalau desakan deadline itu bisa dihindari. Beberapa hal berikut ini bisa dilakukan agar terhindar dari stress.
a. Mengerjakan tugas tepat waktu. Ada sebuah pepatah mengatakan "jangan tunggu sampai besok". Pekerjaan yang ditunda sampai besok berarti akan menambah beban.
b. Mengembangkan kelompok diskusi terutama kelompok diskusi yang fokus membahas satu masalah. Bergabung dengan kelompok dapat membuka akses informasi sehingga dapat mengurangi beban individu dan menambah jumlah informasi yang diperoleh.
c. Menjaga kesehatan tubuh lahir dan batin. Kesehatan mutlak diperlukan agar segala aktivitas dapat berjalan dengan baik.

Dengan manajemen diri yang baik, tugas-tugas dapat diselesaikaan tepat waktu tanpa stress berlebihan.Terlebih menjelang akhir tahun. Songsong tahun 2009 dengan manajemen diri baru yang lebih berorientasi pada kualitas.

0 comments: