This blog is designed to be a medium for extension development staffs, students, and related community. Academicians, researchers, extension workers, students, professionals, and NGO-activitsts are encouraged to communicate and share information, experience, and ideas in the context of learning, human development, managing planned change, and situation improvement in various human activity systems. Make a better and sustain life for all!

Saturday, September 27, 2008

Selamat Datang Mahasiswa Baru Mayor PPN SPs IPB

Salam Sejahtera,

Akhir Agustus 2008 ini, Mayor/PS Pascasarjana Ilmu Penyuluhan Pembangunan kembali menerima mahasiswa baru, yakni tiga orang mahasiswa program doktoral dan sebelas orang mahasiswa program S2. Mahasiswa program doktoral: Erwiantono, Tanti Kustiari, dan Bambang Uripno. Mahasiswa program magister: Idha Farida, Dewi Kurniawati, Asih Mulyaningsih, Asmar Hi Daud, Harzon, Sudarko,Indiyah Huditani, Patih Magawanda Gulam, Fauziah Yulia Adriyani, Yusriadi, dan Fatimah Tuharea. Selamat menempuh studi pada program mayor PPN, hanya dengan ketekunan, keterbukaan, kejujuran, solidaritas, dan semangat untuk mengembangkan diri dalam memperdalam dan mengembangkan "ilmu tentang pengembangan perilaku manusia yang bermutu melalui komunikasi yang konvergen dalam sistem pendidikan non formal secara berkesinambungan" maka kami yakin, Bapak/Ibu akan berhasil dalam studi di PPN ini.

Pertemuan antara mahasiswa dengan koordinator - wakil koordinator dan staf penunjang Mayor/PS PPN telah dilangsungkan pada hari Selasa 26 Agustus 2008. Pertemuan diawali dengan perkenalan masing-masing mahasiswa dan pengelola mayor, setelah itu, dilanjutkan dengan pemaparan singkat tentang perkuliahan di Mayor PPN. Penyelenggaraan sistem mayor minor untuk program pascasarjana baru dua tahun, dan tentunya dalam penyelenggaraannya senantiasa diperlukan perbaikan-perbaikan. Perbaikan dimaksudkan untuk senantiasa menjamin mutu penyelenggaraan proses pendidikan di Mayor PPN khususnya, dan di IPB pada umumnya. Kurikulum pendidikan di Mayor PPN akan senantiasa dicermati dan disesuaikan dengan kebutuhan "pelanggan" dan tetap mengedepankan prinsip-prinsip pembelajaran orang dewasa dan berorientasi mutu.

Selanjutnya perkuliahan telah dimulai sejak awal September 2008. Untuk meningkatkan silaturahim antara staf pengajar, mahasiswa lama, mahasiswa baru, serta staf penunjang di Mayor/PS PPN, dilakukan acara buka bersama pada tanggal 16 September 2008, bertempat di Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan, Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat, Kampus IPB Br Siang. Acara tersebut dihela oleh Mahasiswa PPN dengan Ketua Panita adalah Bp. Moh. Iqbal Bahua, didukung segenap mahasiswa lama dan baru. Pengelola Mayor PPN berperan dalam "hing madya mbangun karsa dan tut wuri handayani, dan mensupport sebagian dana untuk acara tersebut. Acara dibuka oleh Ketua Panitia (Ir. Moh. Iqbal Bahua, MSi), dilanjutkan dengan sambutan oleh Koordinator Mayor (Dr. Ir. Siti Amanah, M.Sc.). Sebagai pencerahan, tausyiah diberikan oleh Bp. Moh. Nur Sangaji, dan ditutup dengan doa oleh Bp. Dr. Ir. Pudji Muljono< M.Si.

Melalui acara informal tersebut antar pihak dapat saling mengenal dan mencoba mengembangkan hubungan antar generasi mahasiswa. Sudah menjadi tradisi di PS PPN, mahasiswa dan didukung staf pengajar sebagai Steering Committee untuk aktif menyelenggarakan acara seminar-lokakarya, halal bi halal, dan kegiatan ilmiah-populer lainnya.

Tanpa komunikasi interaktif, saya yakin sulit untuk mewujudkan proses pembelajaran yang bermakna bagi semua pihak. Pada masa awal semester ini, pasti merupakan masa-masa adaptasi bagi mahasiswa baru. Untuk itu strategi adaptasi terhadap lingkungan baru perlu dikembangkan, dengan kemauan untuk membuka diri dalam belajar, berperilaku yang sesuai dengan norma-norma dan nilai-nilai di IPB, dan mengembangkan sikap disiplin antara lain dalam manajemen diri dan mengelola waktu dengan cermat.

Tak lupa seiring dengan penghujung Ramadhan ini, saya dan segenap pengelola Mayor PPN SPs IPB (home base: Dept. Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, FEMA, IPB) menyampaikan: "Selamat Iedul Fitri 1429 H, Taqabballaahu Minnaa Wa Minkum, Mohon Maaf Lahir dan Batin". Teriring harapan, agar kita dapat menemui Ramadhan di tahun mendatang dengan amalan yang lebih baik lagi. Amin.

Salam,

Siti Amanah

0 comments: