This blog is designed to be a medium for extension development staffs, students, and related community. Academicians, researchers, extension workers, students, professionals, and NGO-activitsts are encouraged to communicate and share information, experience, and ideas in the context of learning, human development, managing planned change, and situation improvement in various human activity systems. Make a better and sustain life for all!

Tuesday, April 8, 2008

Artikel untuk Jurnal Penyuluhan Pembangunan

Kepada Bapak/Ibu Pengunjung Blog, Mahasiswa, Dosen, Peneliti, dan Praktisi serta peminat ilmu penyuluhan yang memiliki tulisan tentang hasil penelitian, pemikiran, dan resensi buku mengenai penyuluhan di berbagai dimensi, dapat mengirimkan naskahnya kepada:

Redaksi Jurnal Penyuluhan (ISSN:11858-2664)
PS/Mayor Ilmu Penyuluhan Pembangunan
Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor
Gedung Dep KPM FEMA Wing 1 Level 5 Jl Kamper IPB Dramaga
Telp. 0251627793, 420252 Fax. (0251) 627793
Bogor Kode Pos 16680

Naskah dengan format yang sudah ditentukan, bisa pula dikirim via email dg alamat: mayorppn@yahoo.com. Petunjuk penulisan dalam Jurnal Penyuluhan adalah sebagai berikut:
1. Naskah berupa hasil penelitian, kajian analitik, konsep, opini dan resensi buku bertema Penyuluhan Pembangunan. Seluruh naskah baik hasil penelitian, kajian analitis kritis, konsep, opini atau resensi buku belum pernah dipublikasikan di media lain, ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, diketik 1,5 (satu setengah) spasi kecuali abstrak (satu spasi) pada kertas A4. jumlah halaman maksimum 10 halaman untuk makalah hasil penelitian telah termasuk tabel, grafik, dan gambar, 5-10 halaman untuk kajian analitis-kritis, konsep, dan opini, dan maksimal 5 halaman untuk resensi buku. Batas kiri 3 cm, kanan 2,5 cm dan bawah 2,5 cm); jenis huruf Times New Roman ukuran 12 point.
2. Makalah hasil penelitian secara rinci mencakup:
● Judul di tengah halaman, huruf kapital
● Nama penulis lengkap, tanpa gelar
● Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris dan Indonesia kurang lebih 50-100 kata.
● Keywords ditulis dalam Bahasa Inggris maksimal 5 deskriptor
● Pendahuluan (tanpa subjudul, meliputi latar belakang, masalah, tujuan, dan sedikit kajian teori)
● Metode penelitian
● Hasil dan pembahasan
● Kesimpulan dan saran
● Daftar pustaka (berisi pustaka yang dirujuk dalam uraian saja)
3. Tulisan kajian analitis-kritis, konsep, dan opini mencakup: (1) Judul, (2) Nama Penulis, (3) Abstrak, (4) Keywords, (4) Pendahuluan (tanpa subjudul), (6) Subjudul (sesuai kebutuhan), (7) Kesimpulan dan Saran, dan (8) Daftar pustaka, hanya mencantumkan pustaka yang dikutip, diurutkan secara alfabetis dan kronologis.
4. Resensi buku memuat: Topik atau judul buku yang diresensi bertemakan Penyuluhan Pembangunan. Paling lama diterbitkan 2 tahun yang lalu. Diketik satu setengah spasi pada kertas A4, maksimal 5 halaman. Disertai cover depan dan halaman content. Melampirkan biodata penulis.
5. Artikel diserahkan paling lambat dua bulan sebelum penerbitan rangkap tiga disertai soft file yang memuat naskah tersebut dalam file Microsoft Word.
6. Setiap naskah yang masuk dikaji oleh Tim Penyunting Ahli (Mitra Bestari) sesuai bidang kepakarannya. Jika diterima, naskah dapat diubah oleh tim penyunting tanpa mengubah esensi isinya.
7. Kepastian diterima atau penolakan artikel akan diberitahukan secara tertulis. Penulis yang artikelnya dimuat akan mendapat nomor bukti pemuatan sebanyak 5 (lima eksemplar). Artikel yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan.

Informasi lebih lengkap baik tentang ketentuan naskah atau pun hal-hal lainnya, Bapak/Ibu/Sdr dapat menghubungi alamat di atas.

Kepada mahasiswa PPN yang telah menuntaskan draft tesis atau disertasinya, berdasarkan kesepakatan di program mayor, diwajibkan mengirim artikel ilmiahnya ke jurnal tersebut, sebagai salah satu bentuk diseminasi hasil riset. Seluruh naskah yang masuk, akan direview oleh Mitra Bestari sebelum dimuat.

Terima kasih.

Semoga Sukses,

Siti Amanah

0 comments: