This blog is designed to be a medium for extension development staffs, students, and related community. Academicians, researchers, extension workers, students, professionals, and NGO-activitsts are encouraged to communicate and share information, experience, and ideas in the context of learning, human development, managing planned change, and situation improvement in various human activity systems. Make a better and sustain life for all!

Monday, March 8, 2010

BEASISWA SANDWICH-LIKE 2010

Pendaftaran Beasiswa Sandwich-like ke Luar Negeri Tahun 2010


KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI
Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I Senayan, Jakarta 10002
Telp./Fax. (021) 57946052



Nomor : 194/D4.4/2009 27 Januari 2010
Lamp :
Hal : Pendaftaran Beasiswa Sandwich-like ke Luar Negeri Tahun 2010

Kepada Yth. : Direktur Program Pascasarjana Pengelola BPPS
Di Perguruan Tinggi

Dalam upaya meningkatkan kualifikasi dosen di program Pascasarjana perguruan tinggi, tentang Program Magang (Sandwich-like) ke luar negeri tahun anggaran 2010, dengan ini kami sampaikan hal hal sebagai berikut :

Beasiswa Program Magang (sandwich-like) ke luar negeri diperuntukkan bagi mahasiswa Pascasarjana program S3 di dalam negeri, yang terdaftar pada salah satu Program Pascasarjana Penyelenggara BPPS;
Beasiswa Program Magang (Sandwich-like) ke luar negeri terbuka bagi semua dosen tetap (PNS, PTS dan tetap Yayasan) dari PT di seluruh Indonesia yang sedang terdaftar dan aktif pada satu Program Pascasarjana Penyelenggara BPPS;
Kegiatan Program Magang (Sandwich-like) ke luar negeri, meliputi (a) Melakukan kerja lapangan atau analisis laboratorium dan data; (b) Melakukan penelitian baik di lapangan maupun di laboratorium; (c) Melakukan studi kepustakaan dalam penyempurnaan proposal penelitian atau penulisan disertasinya; (d) mengembangkan metodologi penelitian sesuai dengan perkembangan terkini; atau (e) Menyelesaikan penulisan tugas akhirnya;
Calon harus menyerahkan semua dokumen yang diperlukan, meliputi: (a) Form-A Luar Negeri Ditjen Pendidikan Tinggi; (b) Rencana program kerja yang akan dilakukan selama berada di PT Luar Negeri dan telah disetujui oleh Ketua Komisi Pembimbing di Indonesia; (c) Surat Rekomendasi yang ditulis oleh Ketua Komisi Pembimbing pada PPs PT Pengusulnya; (d) Surat keterangan bahwa PT luar negeri yang dituju siap menerima mahasiswa yang bersangkutan, atau mempunyai Memorandum of Understanding (MoU) antara PT dalam negeri dengan mitranya di luar negeri; dan (e) Bukti kemampuan berbahasa asing yang sesuai dengan persyaratan yang diminta oleh PT luar negeri yang dituju, seperti nilai TOEFL (minimal 500) atau IELTS (minimal 5.5);
Calon telah menyelesaikan semester 2 dari program S3-nya. Calon yang berminat dan telah memenuhi persyaratan point 4 dapat mengajukan lamarannya ke Direktur/Dekan Program Pascasarjana tempat calon melakukan studi.
Direktur/Dekan Pascasarjana melakukan seleksi administrasi bagi para pelamar tersebut.
Direktur/Dekan Pascasarjana selanjutnya mengirimkan daftar pelamar yang telah lolos seleksi administrasi paling lambat tanggal 31 Maret 2010 ke Direktorat Ketenagaan, Ditjen Pendidikan Tinggi, melalui Fax (021) 57946052 atau email ke subditpk@ditnaga-dikti.org .
Selanjutnya Tim Ditjen Pendidikan Tinggi bersama-sama dengan Pascasarjana melakukan seleksi/wawancara terhadap pelamar. Jadwal wawancara akan ditentukan bersama-sama kemudian.
Dana yang disediakan untuk Program Magang (Sandwich-like) berjangka waktu maksimal 4 (empat) bulan;
Komponen biaya yang diberikan untuk program Magang (Sandwich-like) adalah : (a) Institutional/Bench fee; (b) Biaya hidup (standar Dikti); (c) Asuransi kesehatan (at cost); (d) Biaya buku (standar Dikti); (e) Bahan habis pakai (consumables) (standar Dikti); dan (f) Perjalanan dengan pesawat pp kelas ekonomi (at cost);
Demikian pemberitahuan ini, atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih.


Direktur Ketenagaan

ttd

Muchlas Samani
NIP. 130516386
Tembusan :
1. Dirjen Dikti
2. Kasubdit Pengembangan Ketenagaan


Lampiran :
1. Form-A
2. Daftar Program Pascasarjana

0 comments: